Otomotif

Tips Dan Trik Merawat Kendaraan

Perbedaan Fitur Abs, Ebd, Ba Dan Cara Kerjanya

Perbedaan Fitur ABS, EBD, BA dan Cara Kerjanya РHalo OtoFreakers semua, kalian mungkin sudah tidak abnormal lagi bila mendengar fitur brake system ibarat ABS, BA, dan EBD dalam dunia otomotif. ABS (Anti Lock Braking System), Brake Assist (BA) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD) menjadi teknologi rem yang dimiliki kendaraan beroda empat keluaran terbaru. Bagi yang belum paham, kami akan menjelaskan kembali perbedaan dari masing-masing fitur tersebut.

ABS (Anti Lock Braking System)

Fungsi dari ABS ialah untuk mencegah roda terkunci ketika pengemudi mengerem mobilnya secara mendadak, sehingga kendaraan beroda empat masih sanggup dikendalikan. Sistem pengereman ini juga memudahkan pengemudi ketika mengerem dijalanan yang berair dan licin. Cara kerjanya, bila sensor ABS mendeteksi roda terkunci, komputer akan memerintahkan piston rem melepaskan kampas rem untuk melepas roda yang terkunci. Sehingga pengemudi sanggup membelokan kendaraan beroda empat ketika pengereman mendadak.

 kalian mungkin sudah tidak abnormal lagi bila mendengar fitur brake system ibarat ABS Perbedaan Fitur ABS, EBD, BA dan Cara Kerjanya

EBD (Electronic Brake Distribution)

Biasanya sistem pengereman EBD disandingkan dengan ABS untuk memaksimalkan kinerja dari rem mobil. Fungsi dari sistem EBD ini ialah untuk mengatur tekanan minyak rem yang berbeda-beda dan mendistribusikannya ke setiap roda. Hal ini bergantung pada kondisi jalan, muatan yang dibawa, kecepatan kendaraan, dan beberapa faktor lainnya. Cara kerjanya, EBD menyalurkan tekanan rem pada setiap roda untuk mengembalikan daya cengkram roda yang slip. Sensor yang dimiliki setiap roda memberi sinyal pada ABS dan EBD sehingga komputer sanggup mengatur tekanan hidrolik pada minyak rem.

 kalian mungkin sudah tidak abnormal lagi bila mendengar fitur brake system ibarat ABS Perbedaan Fitur ABS, EBD, BA dan Cara Kerjanya

BA (Brake Assist)

BA merupakan teknologi pengereman yang membantu pengemudi ketika melaksanakan pengereman secara mendadak. Cara kerjanya ketika pengemudi menginjak rem, BA akan membantu pengemudi memperlihatkan tekanan lebih besar ke piringan rem tanpa harus menekan rem terlalu dalam. Sensor BA akan memonitor kecepatan roda kendaraan beroda empat dan kekuatan injakan rem kemudian komputer akan menambah tekanan rem bila pengemudi kurang berpengaruh menginjak rem. Dengan fitur BA ini kendaraan beroda empat lebih responsif pada ketika pengereman dan sanggup mengurangi jarak pengereman dibandingkan tidak memakai fitur ini.

 kalian mungkin sudah tidak abnormal lagi bila mendengar fitur brake system ibarat ABS Perbedaan Fitur ABS, EBD, BA dan Cara Kerjanya

Ketiga fitur pengereman ini merupakan suatu kesatuan dalam upaya memperlihatkan keamanan terbaik pada kendaraan beroda empat ketika mengemudi. Dengan fitur-fitur ini anda akan lebih gampang mengendalikan kendaraan beroda empat ketika terjadi pengereman. Ketiga fitur ini sudah terdapat pada sebagian mobil-mobil keluaran gres ketika ini. Yang pasti, meskipun fitur ini sangat canggih, tetaplah berpedoman pada berkendara secara kondusif otofrekers semua!